Tips dan Trik Merawat Motor 4 Tak

1. Cek Kondisi Oli

Oli mesin sangat berperan penting dalam melumasi komponen-komponen mesin, seperti seher, ring seher, stang seher, kruk as dan noken as. Oleh sebab itu oli mesin harus di cek sehingga daya lumas terhadap mesin tetap prima. Jika warnanya sudah kehitam-hitaman sebaiknya oli mesin diganti. Oli mesin harus diganti secara rutin sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

2. Cek Kondisi Aki

Cek kondisi aki, jangan sampai melewati batas maksimum atau minimum karena bisa berakibat rusaknya sel-sel aki. Sebaiknya menambahkan air aki pada pagi hari. Jika aki sudah melemah sebaiknya diganti. Jika dipaksakan dapat membuat kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih) yang akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo dan bagian-bagian lainnya.

Jika terjadi hal tersebut, arus listrik yang dihantarkan oleh aki menjadi tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin, maupun switch lampu. Jika aki sudah melemah dan tidak mampu untuk distarter, jangan memaksakan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya karena dapat merusak gigi transmisi.

3. Periksa Rantai dan Gir

Cek kondisi rantai, jangan sampai terlalu kendur atau kencang. Jika terlalu kendur bisa membuat rantai lepas dari girnya, sedangkan jika terlalu kencang bisa membuat rantai putus. Selain itu cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena akan membuat rantai tiba-tiba putus.

4. Periksa Kabel Koil dan Busi

Perhatikan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, sebaiknya diganti. Cek kondisi busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

5. Perhatikan Selang Bensin

Cek kondisi selang bensin. Jika kondisinya mengeras atau terdapat retakan segera ganti, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran yang berada di selang terbawa ke karburator. Hal tersebut mengakibatkan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

6. Panaskan Mesin Paling Lama 2 Menit

Panaskan mesin motor sebelum digunakan, tak perlu lama-lama, cukup 1-2 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan mesin karena akan membuat pipa knalpot menguning dan selain itu akan membuang-buang bensin.

7. Periksa Tekanan Angin Ban

Jangan terlalu keras atau kurang anginnya karena akan bisa mengakibatkan kembang ban motor menjadi rusak.

8. Gunakan Selalu Spare Parts Asli

Walaupun spare parts asli lebih mahal sedikit, tetapi jaminan kualitas dan kepuasan bisa tahan lama dibandingkan menggunakan yang tidak asli.


Sumber : http://khcc.or.id/kumpul/index.php?topic=102.0

Tanggal unduh 3 November 2010 jam 00.23


Aldora M. Fathu Rahman

25209669/ 2 EB 01

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tips dan Trik Merawat Motor 4 Tak"

Posting Komentar