Manusia dan Kebudayaan

Oleh: Aldora M. Fathu Rahman 25209669/ 1 EB 09


Pengertian
Manusia adalah makhluk hidup yang diciptakan Allah swt. yang merupakan makhluk hidup yang paling sempurna dan yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya yaitu manusia mempunyai akal pikiran.
Kebudayaan adalah sesuatu yang bersifat abstrak dan akan mempengaruhi tingkat pengetahuan yang meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat di dalam pikiran manusia. Perwujudannya adalah benda-benda yang diciptakan manusia berupa perlaku dan benda yang bersifat nyata. Contohnya bahasa, pola perilaku, peralatan hidup, seni, organisasi sosial dan lainnya. Kesemua itu ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan hidup bermasyarakat.
Hampir semua tindakan manusia itu merupakan kebudayaan, kecuali tindakan yang bersifat naluriah. Namun tindakan tersebut prosentasenya sangat kecil. Tindakan yang berupa kebudayaan tersebut dibiasakan dengan cara belajar, proses-prosesnya yaitu internalisasi, sosialisasi dan enkulturasi.


Hubungan antara Manusia dan Kebudayaan
Hubungan antara manusia dan kebudayaan dapat dilihat juga dari kedudukan manusia terhadap kebudayaan. Empat kedudukan manusia terhadap kebudayaan:
1. Penganut kebudayaan
2. Pembawa kebudayaan
3. Manipulator kebudayaan
4. Pencipta kebudayaan
Kebudayaan digunakan oleh manusia sebagai pedoman dalam bertingkah laku. Kebudayaan mencakup norma atau nilai yang berlaku dalam masyarakat. Kebudayaan pada awalnya terbentuk karena manusia mempunyai persoalan yang meminta solusi. Kemudian manusia tersebut melakukan berbagai cara untuk mendapatkan pemecahan masalah tersebut. Hal yang dilakukan manusia tersebut merupakan kebudayaan.


Perkembangan Kebudayaan di Indonesia
Masyarakat Indonesia terus berkembang sebagai realisasi dari cara masyarakat menghadapi tantangan yang terjadi di dunia, baik dari segi kemanusiaan maupun perubahan lingkungan. Tantangan yang bersifat kemanusiaan biasanya datang dari luar diri manusia itu sendiri yang berhubungan dengan manusia lain di sekitarnya, sedangkan tantangan perubahan lingkungan merupakan akibat dari penggunaan alam lingkungan oleh manusia itu sendiri. Jika eksplorasi terhadap lingkungan melebihi apa yang dibutuhkan oleh manusia dan potensi alam tidak mencukupi maka akan terjadi perubahan terhadap lingkungan yang cenderung negatif.
Ada dua kekuatan yang memicu perubahan sosial, yaitu:
1. Kekuatan dari dalam masyarakat. Misalnya pergantian generasi
2. Kekuatan dari luar masyarakat. Misalnya perubahan lingkungan hidup
Setiap perubahan akan menimbulkan reaksi dari masyarakat. Reaksi tersebut ada yang pro dan juga kontra. Besar kecilnya reaksi tersebut dapat menimbulkan disintegrasi sosial di dalam masyarakat majemuk dan multi kultural seperti Indonesia.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
http://ressay.wordpress.com/2007/02/26/manusia-dan-nilai-nilai-kemanusiaan/
http://sosial-budaya.blogspot.com/2009/05/manusia-dan-kebudayaan.html
http://www.wikimu.com/News/DisplayNewsRemaja.aspx?id=5142

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Manusia dan Kebudayaan"

Posting Komentar