Penerapan Bisnis di Dunia Pekerjaan

Bisnis adalah suatu usaha perseorangan atau organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk memperoleh laba (keuntungan). Pengertian laba itu sendiri adalah perbedaan antara penerimaan bisnis dan biaya-biayanya. Secara etimologi, bisnis bisa diartikan sebagai keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata bisnis memiliki tiga penggunaan, penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha yang bertujuan mencari laba. Penggunaan yang lebih luas merujuk pada sektor pasar tertentu dan penggunaan yang paling luas merujuk kepada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa.

Bisnis banyak sekali diterapkan di dalam dunia pekerjaan, seperti dalam bidang-bidang berikut ini:

1. Telekomunikasi

Telekomunikasi dan berbagai pendukungnya dari produk, jasa dan teknologi yang berhubungan dengan bisnis tersebut termasuk didalamnya adalah teknologi informasi (IT). Kita lihat sendiri di negara kita pertumbuhan operator selular baik GSM dan CDMA bertumbuh besar, pelayanan ke pengguna operator pun semakin baik dan harga semakin murah. Pembangunan tower-tower telekomunikasi makin merajalela hingga pelosok daerah. Tentu juga dukungan IT sangat berperan di bidang ini baik produk (hardware/ software), jasa, tenaga kerja, outsourcing hingga edukasi program. Cukup sangat menjanjikan bisnis dibidang ini.

2. Media

Bisnis di bidang media dalam segala bentuknya (cetak, elektronik, mobile, internet dll) sepertinya akan sangat merajai bisnis ke depan. Semua orang akan mencari informasi melalui media-media informasi ini. Dan hasil survey pun menyatakan belanja iklan dari sebuah perusahaan sangat besar dan bisnis media lah yang merasakan hal tersebut. Dan jangan dilupakan media ini sangat berhubungan dengan content provider, jadi beruntunglah orang-orang yang sudah memulai bisnis media ini, baik dari sisi medianya maupun contentnya.

3. Otomotif

Bisnis ini masih menjadi primadona di negara berkembang seperti Indonesia. Kebutuhan dan gaya hidup mempengaruhi perkembangan bisnis ini. Namun yang menjadi catatan penting adalah peningkatan yang drastis dalam pemakaian sepeda motor di negara kita. Penjualan sepeda motor melebihi dari target para produsen, apalagi kaum hawa pun sudah memakai motor untuk kegiatannya. Bidang ini tidak hanya untuk penjualannya saja, tapi peluang besar justru dari jasa-jasa dan aksesories pendukungnya. Seperti jasa bengkel, salon otomotif, cuci motor, kredit/pembiayaan, asuransi dan lain sebagainya.

Ketiga bidang tersebut merupakan sekian dari banyak penerapan bisnis di dunia pekerjaan. Ketiga bidang tersebut merupakan bidang bisnis teratas yang menjanjikan dan menjadi pilihan para pebisnis pada waktu sekarang ini. Oleh karena itu, para pebisnis berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan caranya masing-masing. Dan konsumen pun harus memilih mana yang terbaik dalam memenuhi kebutuhannya.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membacanya.

Sumber: http://www.iimrusyamsi.com/2008/03/12/3-bidang-bisnis-teratas-hasil-survey-menjanjikan/

http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Penerapan Bisnis di Dunia Pekerjaan"

Posting Komentar