Sekilas Tentang Pengantar Bisnis

Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris business, yang mempunyai kata dasar busy yang artinya sibuk, dalam artian sibuk mengerjakan aktivitas yang mendatangkan keuntungan. Bisnis didefinisikan sebagai suatu usaha perseorangan atau organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk memperoleh laba (keuntungan). Pengertian laba itu sendiri adalah perbedaan antara penerimaan bisnis dan biaya-biayanya.

Bisnis mempunyai beberapa fungsi utama yaitu:

1. Pemasaran : Suatu cara bagaimana barang atau jasa dikembangkan, diberi harga, didistribusikan dan dipromosikan kepada konsumen.

2. Manajemen : Suatu cara bagaimana perusahaan dan sumber lainnya (mesin) digunakan oleh perusahaan.

3. Keuangan : Suatu cara bagaimana perusahaan memperoleh dana dan menggunakannya.

4. Akuntansi : Ringkasan dan analisa dari kondisi keuangan perusahaan.

5. Sistem informasi : Meliputi teknologi informasi masyarakat dan prosedur kerja sama untuk memberikan informasi yang cocok kepada karyawan perusahaan sehingga mereka dapat membuat keputusan bisnis.

Keputusan bisnis itu sendiri dapat dilakukan dari keputusan manajemen, keputusannya dapat diambil dari berapa karyawan yang bekerja di prusahaan tersebut dan pelengkapan apa yang dibutuhkan untuk memproduksi barang. Kemudian dari keputusan pemasaran, yang dapat menentukan harga barang dan mempromosikan barang tersebut. Yang terakhir keputusan dapat diambil dari keputusan keuangan, yang mengurus permasalahan dana yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Pemegang kepentingan utama (stakeholder) dalam bisnis yaitu:

· Pemilik

· Karyawan

· Kreditur

· Pemasok

· Pelanggan

Bentuk dasar kepemilikan bisnis ada beberapa macam, diantaranya adalah:

a. Perusahaan perseorangan: Bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan mempunyai tanggung jawab yang tidak terbatas atas harta perusahaan. Apabila bisnis mengalami kerugian, maka pemiik yang harus menanggung kerugian tersebut.

b. Persekutuan : Bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan laba. Setiap anggota persekutuan memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan firma.

c. Perseroan: Bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik mempunyai tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.

d. Koperasi : Bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berlandaskan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk mensejahterakan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Karakteristik koperasi adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda, yaitu anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.

Dalam menciptakan bisnis, teknologi seperti teknologi informasi memiliki pengaruh yang cukup besar. Pengaruh teknologi pada dunia bisnis dapat kita lihat dalam pengetahuan atau alat yang dipergunakan untuk menghasilkan barang dan jasa pada suatu perusahaan. Dengan teknologi kita juga bisa mendapatkan informasi yang nantinya dapat dipergunakan dalam menghasilkan barang dan jasa.


Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Sekilas Tentang Pengantar Bisnis"

Posting Komentar