Tips dan Trik Merawat Ban

Kita sering kali melupakan hal yang penting pada kendaraan, yaitu ban. Ban sering kali menjadi faktor penyebab kecelakaan. Oleh karena itu, kondisi ban harus selalu diperhatikan dan dijaga agar terhindar dari kecelakaan. Berikut ini adalah beberapa cara merawat ban mobil:

1. Selalu periksa tekanan angin pada ban, apalgi jika ingin melakukan perjalanan yang jauh.

2. Selalu ingat tekanan angin proporsional ban mobil anda. Jika anda belum mengetahuinya, lakukanlah pemeriksaan pada saat suhu ban dingin. Jika anda baru menempuh perjalanan jauh, tunggulah kurang lebih selama tiga jam, setelah itu baru lakukan pemeriksaan.

3. Periksalah keadaan ban anda, apakah ban mobil anda sudah gundul atau belum. Lihat dan perhatikanlah alur ban, jika sudah tidak terlihat alur bannya, saatnya untuk mengganti ban.

4. Selalu waspada terhadap lubang yang berada di jalan. Karena lubang yang besar dapat merusak ban mobil anda, selain itu juga dapat mengganggu keseimbangan dari ban tersebut.

5. Tetapkan jadwal utuk mengatur perpindahan ban. Tukar ban mobil depan dengan yang belakang kira-kira setiap 11.000km atau 6.000 mil sekali. Hal ini dilakukan agar kondisi ban dapat seragam dan agar masa pakai ban lebih lama.

6. Hindari mengendarai mobil dengan ban yang tidak ada tutup pentilnya, sebab bisa jadi akan menyebabkan kebocoran udara dari dalam ban dan bisa mengakibatkan ban kurang tekanan.

7. Periksalah balance ban mobil anda secara periodik, untuk menghindari putaran ban yang tidak stabil.

8. Lakukan spooring jika perlu, terutama pada saat mobil anda terasa berbelok dengan sendirinya. Hali ini dilakukan agar ban tidak gundul di satu sisi selain itu menyeimbangkan mobil anda.

9. Selalu perhatikan daya angkut pada mobil. Jika muatan melebihi kapasitas maksimal yang dimiliki oleh kendaraan anda maka akan membuat tekanan yang berlebihan dan dapat membahayakan keselamatan.

Lakukanlah pemeriksaan di atas secara berkala, sehingga mobil siap untuk dipakai kapanpun.

Sumber: http://www.detiksport.com/read/2008/06/08/022338/952204/565/8-cara-merawat-ban

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tips dan Trik Merawat Ban"

Posting Komentar