Fotokopi Ramah Lingkungan

Anda tentunya sudah kenal dengan yang namanya fotokopi. Ya, fotokopi adalah salah satu jasa untuk menggandakan suatu tulisan ataupun dokumen pada kertas tanpa harus menulis kembali. Alat untuk menggandakannya dinamakan mesin fotokopi. Fotokopi merupakan salah satu media yang praktis dengan harga yang sangat terjangkau. Tentunya setiap orang sudah pernah menggunakan media ini. Tempat fotokopi banyak dijumpai di pinggir-pinggir jalan, terutama banyak terdapat di sekitar area kampus.

Sadarkah anda berapa banyak kertas yang digunakan untuk fotokopi setiap harinya? Tentunya sudah tidak terhitung jumlahnya. Kertas yang digunakan biasanya berasal dari serat pohon. Sudah berapa banyak pohon yang ditebang setiap harinya untuk membuat kertas? Ternyata jarang orang yang berpikir sampai ke sana. Pohon yang ditebang untuk membuat kertas akan mengurangi jumlah pohon yang ada di dunia ini. Jumlah pohon semakin berkurang setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan manusia yang beraneka ragam.

Sadarkah tentang manfaat pohon untuk kehidupan? Pohon sangat berguna bagi kehidupan terutama dapat menukar karbon dioksida menjadi oksigen yang dapat digunakan untuk bernapas. Selain itu juga dapat menyimpan air di saat musim penghujan yang dapat mencegah timbulnya banjir. Semakin banyak pohon yang ditebang maka semakin banyak pula manfaat yang hilang dari adanya pohon tersebut. Salah satu contohnya adalah adanya banjir di mana-mana saat musim penghujan tiba. Selanjutnya adanya masalah pemanasan global (global warming) yang dapat menyebabkan bumi kita terasa panas akibat dari gas di udara yang merugikan yang tidak dapat ditukar oleh pohon akibat dari keterbatasan pohon di bumi ini.

Cara yang dilakukan untuk mencegah semakin banyaknya pohon yang ditebang adalah dengan cara menghemat penggunaan kertas. Misalnya dengan menggunakan kertas kedua sisinya (bolak-balik) sehingga jumlah kertas yang digunakan juga semakin berkurang. Penggunaan kertas di kedua sisi dalam fotokopi juga dapat menghemat biaya. Selain itu juga dapat menggunakan kertas daur ulang (kertas bekas yang tidak terpakai, diproses sehingga bisa dipakai lagi) sebagai alternatifnya.

Itulah sedikit tips untuk menghemat kertas agar ramah lingkungan, tidak hanya dalam fotokopi saja melainkan dalam kegiatan lainnya yang menggunakan kertas. Mulailah mencoba melakukannya dari diri sendiri. Go Green!

Aldora M. Fathu Rahman

25209669

3 EB 01

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Fotokopi Ramah Lingkungan"

Posting Komentar