Pengaruh Iklan di Televisi

Iklan merupakan sebuah tayangan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa yang terdapat di sela-sela acara televisi. Iklan juga merupakan salah satu media promosi yang efektif. Tidak heran jika semakin bagus acara televisinya, iklannya juga semakin banyak. Tentunya dalam menampilkan iklan di televisi juga membutuhkan biaya yang tinggi. Tetap saja para produsen berlomba-lomba membuat iklan yang berisikan produk/ jasanya sebagai ajang promosi sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas, terutama bagi pengguna televisi. Ikan ada yang dikemas dalam bentuk yang menarik, ada juga yang terlihat asal-asalan, dari yang masuk akal sampai yang tidak masuk akal.

Sayang juga kan kalau sudah mengeluarkan biaya yang tinggi dalam pembuatan dan penayangan iklan kalau iklan tersebut tidak tepat sasaran. Seperti dengan masih adanya iklan yang seharusnya ditujukan kepada orang dewasa malah ditayangkan di sela-sela acara anak-anak. Itu akan berpengaruh tidak baik terhadap anak-anak yang menontonnya. Karena memang anak-anak senang dengan sesuatu hal yang baru, dan mereka juga senang menirunya. Seperti adanya adegan kekerasan, adegan dewasa dan sebagainya di dalam iklan sehingga anak-anak yang menontonnya meniru adegan tersebut.

Tetapi tidak semua iklan itu berdampak buruk, tentunya ada juga dampak baik bagi masyarakat dan produsen produk/ jasa yang iklannya ditayangkan di televisi. Masyarakat bisa tahu mengenai produk/ jasa terbaru sehingga mereka tidak perlu repot-repot untuk mencari tahunya, cukup dengan menonton iklan saja mereka sudah tahu tentang produk-produk/ jasa terbaru. Bagi produsen, dampak baik dari adanya iklan adalah produk/ jasa mereka menjadi terkenal, bahkan laku di pasaran. Hal tersebut mendatangkan keuntungan yang besar bagi produsen tersebut.

Iklan dapat bermanfaat sekali bagi orang banyak, baik produsen maupun konsumen. Iklan akan efektif dan tepat sasaran jika memperhatikan waktu tayang dari ikan tersebut sehingga isi dari iklan dapat tersampaikan dengan baik.

Aldora M. Fathu Rahman

25209669

3 EB 01

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Pengaruh Iklan di Televisi"

Posting Komentar