Wirausaha, Salah Satu Alternatif Pilihan dalam Bekerja

Ketika sulit untuk mendapat pekerjaan karena jumlah lapangan pekerjaan yang terbatas sekali, kita harus kreatif untuk menyiasatinya. Salah satu caranya adalah dengan berwrausaha. Tidak menajadi jaminan orang yang sudah menjadi sarjana tingkat 1/ memiliki gelar S1 akan langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus, malahan banyak yang menjadi pengangguran.

Berwirausaha merupakan suatu bentuk usaha dimana seseorang membuat lapangan kerja sendiri dan ada kemungkinan orang tersebut memberikan kesempatan orang lain untuk bekerja pada usaha yang dibuatnya. Dengan kata lain orang yang berwirausaha berarti menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Orang yang mempunyai jiwa wirausaha biasanya memiliki sikap yang tegas, berani mengambil keputusan dan berani menanggung resiko.

Banyak keuntungan yang didapatkan dari berwirausaha, diantaranya dari hasil keuntungan usahanya itu sendiri dimana terkadang bisa melebihi dari orang yang bekerja di kantor. Tergantung dari hasil kegiatan yang dilakukannya, penghasian seorang wirausaha tidak tetap, sewaktu-waktu naik, sewaktu-waktu bisa turun. Tetapi hal tersebut dapat diatur dengan baik sehingga tidak terdapat beda (selisih) yang jauh antara jarak penghasilannya. Selain itu berwirausaha juga dapat mendatangkan keuntungan bagi orang lain, seperti menyediakan lapangan pekerjaan baginya, yang dapat menguntungkan pula bagi negara yaitu dapat mengurangi angka pengangguran sehingga beban pemerintah bisa berkurang walaupun itu hanya sedikit. Jadi, mengapa tidak mencoba untuk berwirausaha?

Aldora M. Fathu Rahman

25209669

3 EB 01

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Wirausaha, Salah Satu Alternatif Pilihan dalam Bekerja"

Posting Komentar