Euforia Sea Games

Sea Games merupakan pesta olah raga terbesar se-Asia Tenggara. Pada awalnya Sea Games bernama Peninsular Games pada tahun 1950-an diadakan setiap 3 tahun sekali. Pada tahun 1977 berganti nama menjadi Sea Games dan diadakan setiap 2 tahun sekali. Indonesia sudah 4 kali menjadi tuan rumah pesta olah raga yang meriah ini, yaitu pada tahun 1979, 1987, 1997 dan yang terakhir tahun ini 2011.

Sea Games ke-26 tahun ini diadakan di Jakarta dengan 24 cabang olah raga dan di Palembang dengan 18 cabang olah raga. Pesta ini diadakan dari tanggal 11 November hingga 22 November 2011. Sea Games tahun ini dibuka oleh Presiden SBY dan ditutup oleh Wakil Presiden Budiyono. Anggotanya terdiri dari tuan rumah sendiri yaitu Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, Myanmar, Laos, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Kemeriahan Sea Games tahun ini dapat terlihat dari antusiasme masyarakat Indonesia dalam berbagai cabang olah raga. Antusiasme masyarakat paling terlihat dalam menyaksikan salah satu cabang olah raga yang paling diminati yaitu sepak bola. Masyarakat Indonesia yang gemar sepak bola rela antre tiket untuk pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Banyaknya masyarakat yang antusias menonton pertandingan sepak bola membuat tiket pertandingan Indonesia melawan Malaysia habis terjual sehingga masyarakat yang tidak memiliki tiket mengamuk dan membakar loket tiket di Gelora Bung Karno.

Di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno terlihat ribuan orang berbaju merah mengisi kursi-kursi yang ada di sana. Dalam sekejap stadion tersebut berubah menjadi lautan merah. Di sanalah terlihat sekali rasa nasionalisme masyarakat Indonesia yang mendukung tim nasionalnya berjuang untuk meraih kemenangan di pesta olah raga terbesar se-Asia Tenggara ini.

Indonesia akhirnya dikalahkan oleh Malaysia pada pertandingan final Sea Games ke-26 ini lewat drama adu penalty. Masyarakat harus terima kekalahan tim nasional dengan lapang dada karena tim nas sudah berjuang penuh untuk mendapatkan kemenangan. Namun demikian, Indonesia tetap menjadi juara umum Sea Games kali ini dengan membawa pulang 182 medali emas, 151 medali perak, dan 143 medali perunggu.

Semoga Sea Games mendatang Indonesia dapat meraih juara di berbagai cabang olah raga khususnya cabang sepak bola yang selalu dinanti-nantikan masyarakat Indonesia. Maju terus Indonesia!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Euforia Sea Games"

Posting Komentar