Kendalikan Keuangan Pribadi dengan Bijak

Di zaman sekarang ini, siapa yang tidak mengenal uang. Dari anak-anak hingga orang dewasa semua tahu yang namanya uang. Uang adalah salah satu alat tukar menukar yang sah. Dengan adanya uang, apa yang kita butuhkan dan inginkan dapat kita dapatkan. Salah satu caranya adalah dengan membeli apa yang kita butuhkan/ inginkan. Tetapi uang bukan segalanya. Uang sewaktu-waktu bisa habis jika kita menggunakannya dengan tidak bijak.

Uang bisa didapatkan dengan cara apapun, dari yang halal sampai yang tidak halal. Kita sebagai orang yang beragama tentunya memilih untuk mendapatkan uang dengan cara yang halal. Betapa sulitnya mendapatkan uang dengan kreatifitas dan kemampuan yang kita miliki di zaman sekarang ini. Oleh karena itu, kita harus mengendalikan keuangan dengan sebijak mungkin.

Kita harus mengerti apa yang kita butuhkan dan apa yang kita inginkan. Sesuatu yang kita butuhkan berarti harus dipenuhi yaitu dengan memprioritaskan/ mengutamakannya dibandingkan yang lainnya. Sedangkan sesuatu yang kita inginkan merupakan sesuatu yang tidak harus kita penuhi sesegera mungkin. Dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat mengendalikan keuangan dengan bijak, sehingga kita tidak melakukan pemborosan/ melakukan pengeluaran secara berlebihan.

Setelah semua kebutuhan terpenuhi, biasakanlah untuk menyimpan sisa uang yang kita miliki. Bisa juga dengan membeli sesuatu yang kita inginkan dengan catatan tidak membeli semua yang kita inginkan sehingga sisa uangnya tetap dapat disimpan. Dengan hal tersebut, kita bisa memiliki tabungan yang dapat digunakan sewaktu-waktu kita butuhkan di kemudian hari.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Kendalikan Keuangan Pribadi dengan Bijak"

Posting Komentar