MYOB Accounting

MYOB yang merupakan singkatan dari Mind Your Own Business adalah suatu software akuntansi terpadu yang proses pencarian data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam command centre. Setelah itu, program MYOB akan memproses data tersebut secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan bentuk laporan keuangan.

MYOB Accounting dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan, baik yang bergerak di bidang jasa, dagang, industri, pertanian serta usaha yang lainnya. Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting Versi 17.


Kelebihan MYOB Accounting:

1. User friendly, mudah digunakan bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan tentang akuntansi.

2. Tingkat keamanan yang cukup valid untuk semua user.

3. Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/ impor file yang sulit.

4. Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.

5. Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.

6. Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan laporan analisis keuangan dalam bentuk grafik.

7. Mudah dipahami dan digunakan sehingga dapat diajarkan kepada siswa SMK/ SMA dan mahasiswa maupun dipelajari oleh user secara mandiri untuk aplikasi langsung dalam pengelolaan perusahaan.

8. Dapat diterapkan untuk jenis usaha yang ada di Indonesia, baik skala kecil, menengah, maupun skala besar.


Kekurangan MYOB Accounting:

1. Tidak ada Module Fixed Assets, sehingga jika perusahaan memerlukan modul untuk mengelola asset yang dimiliki, maka harus membeli adds-on lagi.

2. Tidak ada Module Intercompany Reporting, sehingga jika perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli adds-on lagi.

3. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.

4. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, dimana laporan konsolidasi tidak diharapkan dapat dibuat dengan MYOB.

5. Database MYOB merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk transaksi yang besar dan kompleks.

Sumber:

http://yudhislibra.wordpress.com/2010/09/30/macam-macam-jenis-software-akuntansi-berikut-dengan-kelebihan-dan-kekurangannya/

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/09/macam-macam-jenis-software-akuntansi-berikut-dengan-kelebihan-dan-kekurangannya/

Tanggal download 20 Februari 2011 pukul 23.22


Aldora M. Fathu Rahman

25209669

2 EB 01

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "MYOB Accounting"

Posting Komentar